Baca Juga

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, Nabi atau Rasul memiliki 4 sifat wajib yang harus diketahui oleh umat Islam, dan juga memiliki 4 sifat mustahil atau tidak mungkin dimiliki oleh rasul, silahkan perhatikan artikel dibawah ini 
Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul
Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul


A. Sifat Wajib bagi Rasul

Sifat Wajib bagi Rasul ada 4, Sidiq, Amanah, Tablig dan Fatanah. penjelasannya

1. SIDDIQ

Siddiq merupakan sifat wajib bagi Nabi dan Rasul. Siddiq artinya Jujur. Setiap yang dikatan oleh Nabi dan Rasul semuanya benar tidak mungkin bohong.

2.      AMANAH

Amanah dimiliki oleh para Nabi dan Rasul. Amanah yang artinya dapat dipercaya. Jadi setiap nabi dan rasul pasti mempunyai sifat dapat dipercya.

3.      TABLIG

Tablig adalah sifat wajib bagi Nabi dan Rasul yang mempunyai arti Menyampaikan. Oleh karenanya Nabi dan Rasul menyampaikan semua yang didapatkannya dari Allah. Untuk Sifat ini ada perbedaan penjelasan yang pertama Tablig hanya untuk Rasul karena tugas Rasul adalah menyampaikan Wahyu yang didapatkan dari Allah, pendapat kedua Sifat Tablig ini tidak dimiliki oleh Nabi karena Nabi mendapatkan wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri. itulah perbedaan pendapat tentang sifat Tablig yang dimiliki oleh Mabi atau Rasul.  (baca Perbedaan Nabi dan Rasul)

4.      FATANAH

Sifat Fatanah artinya Cerdas. Setiap Nabi dan Rasul memiliki sifat cerdas karena sebagai contoh bagi umatnya.

B. Sifat Mustahil Bagi Rasul

Selain sifat wajib badi Rasul, umat islam juga harus mengetahui sifat mustahil / yang tidak mungkin dimiliki noleh Nabi dan Rasul.

1. KIZIB

Kizib adalah sifat mustahil bagi rasul dan Nabi yang artinya Bohong. Jadi tidak munkin jika Nabi dan Rasul mempunyai sifat Pembohong.

2. KHIANAT

Khianat artinya tidak dapat dipercaya, maka Nabi dan Rasul wajib dipercayai oleh kaumnya.

3. KITMAN

Sifat kitman berati menyembunyikan, jadi apa yang didapatkan oleh Nabi dan rasul pasti akan disampaikan kpeada Umatnya tidakmungkin Nabi dan Rasul Menyembunyikan apa yang didapatkannya dari Allah SWT.

4. BALADAH


Baladah adalah sifat terahir yang tdak mungkin dimiliki oleh seorang Nabi dan Rasul. Baladah yang berati bodoh.


Demikian penjelasan tentang Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon